Sabtu, 11 Januari 2014

Apakah Metalurgi Itu? (Sekilas tentang Metalurgi)


Metalurgi adalah ilmu, seni, dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Ruang lingkup metalurgi pada umumnya meliputi:
  • ·         pengolahan mineral (mineral dressing), bertujuan untuk meningkatkan kadar logam berharga dengan cara membuang bagian-bagian dari bijih yang tidak diinginkan.
  • ·         ekstraksi logam dari konsentrat mineral (metalurgi ekstraksi), bertujuan untuk memurnikan logam mentah yang diekstrak ke dalam bentuk murni.
  • ·         proses produksi logam (metalurgi mekanik), menyangkut proses yang bertujuan untuk mengolah material setengah jadi menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomi.
  • ·         perekayasaan sifat fisik logam (metalurgi fisik), menyangkut pengetahuan-pengetahuan mengenai fisika dari logam-logam dan paduan-paduan umpamanya tentang sifat-sifat mekanik, sifat-sifat teknologi serta pengubahan-pengubahan sifat-sifat tersebut yang umumnya menyangkut segi-segi pengembangan atau development, pada penggunaan dan pengolahan atau teknologi logam-logam dan paduan-paduan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar